SHOLAT DALAM KEADAAN DUDUK/BERBARING
Imran bin Husain r.a. berkata :
Aku mempunyai penyakit bawazir, kemudian aku bertanya kepada
Rosulullooh s.a.w.. Beliau s.a.w. menjawab, Sholatlah engkau sambil
berdiri, apabila tidak bisa, maka sambil duduklah,
dan apabila tidak bisa, maka sambil berbaringlah.
(Bukhori, Abu Dawud dan Ahmad).
Dalam kesempatan berikutnya Imran bin Husain berkata :
Aku bertanya kepada Rasulullooh s.a.w. tentang sholat seorang
laki-laki sambil duduk.
Beliau bersabda, "Barangsiapa yang sholat sambil berdiri,
maka hal itu adalah lebih utama.
Barangsiapa yang sholat sambil duduk,
maka ia mendapatkan setengah dari pahala orang yang
sholat sambil berdiri.
Dan barangsiapa yang sholat sambil tidur [berbaring; dlm riwayat lain],
maka ia mendapatkan setengah dari pahala orang yang sholat sambil duduk.
(Bukhori, Abu Dawud dan Ahmad).
Al-Khithobi mengatakan bahwa hadiest Imran di atas mengenai pahala
orang yang sakit adalah setengah dari pahala orang yang berdiri, adalah
sebagai dorongan baginya untuk melakukan sholat dengan berdiri, walaupun ia
diperbolehkan untuk duduk.
Caranya sholat sambil berbaring atau duduk ialah sholat dengan
isyarat, dan jadikanlah sujudmu lebih rendah dari ruku'mu.
KEADAAN YANG LAIN DARI DI ATAS YAITU
BERDIRI SHOLAT SAMBIL BERSANDAR DI TIANG.
Rosulullooh s.a.w. di tanya tentang sholat di atas kapal. Beliau bersabda :
Sholatlah didalamnya (kapal) sambil berdiri, kecuali apabila kamu
takut tenggelam.
(Al-Bazzar, Daraqutni, Abdul Ghoni Al-Maqdisi; disahihkan oleh Al-Hakim
dan disepakati oleh Adz-Dzahabi).
Tatkala Rosulullooh s.a.w. telah lanjut usia, maka beliau membuat
sebuah tiang di dalam mushollanya yang dijadikan sandaran olehnya (ketika
sholat). (Abu Dawud dan Hakim, disahihkan oleh Adz-Dzahabi).
BERDIRI DAN DUDUK DI DALAM SHOLAT LAIL
Pernah Rosulullooh s.a.w. pada suatu malam yang panjang
sholat sambil berdiri dan pada suatu malam yang panjang juga sholat sambil
duduk. Dan apabila beliau s.a.w. membaca (qur'an) sambil berdiri, maka
maka beliau ruku' sambil berdiri.
Apabila beliau s.a.w. membaca (qur'an)
sambil duduk maka beliaupun ruku' sambil duduk. (Muslim dan Abu Dawud).
Dalam keadaan yang lain, kadang beliau s.a.w.
sholat sambil duduk dan membaca sambil duduk. Kemudian,
apabila bacaannya itu masih tersisa sekitar tiga puluh atau empat puluh ayat,
maka beliau berdiri dan meneruskan bacaannya sambil berdiri,
lalu ruku'dan sujud (seperti biasa). Kemudian di dalam rak'at yang kedua,
beliau berbuat yang sama. (Bukhori dan Muslim).
Rosulullooh s.a.w. hanya melakukan sholat sunnat sambil duduk pada
akhir hayatnya ketika usianya telah lanjut, yaitu satu tahun sebelum
wafatnya. (Muslim dan Ahmad).
Pernah Rosulullooh s.a.w. sholat sambil duduk bersila.
(An-Nasa'i & Ibnu Khuzaimah; disahihkan Al-Hakim dan disepakati
oleh Adz-Dzahabi).
Kadangkala, Rosulullooh s.a.w. berdiri melakukan sholat tanpa
memakai terompah* dan kadangkala melakukannya dengan memakai terompah. (Abu
Dawud dan Ibnu Majah;
Kata Ath-Thohawi ini hadist mutawatir (banyak yang meriwayatkannya)).
* tidak boleh ada khubuts (kotoran) padanya.
LARANGAN SHOLAT MENGHADAP KUBURAN
Janganlah kamu sholat dengan menghadap kubur dan janganlah
kamu duduk di atasnya. (Muslim, Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah).
TAKBIR
Rosulullooh s.a.w. membuka sholat dengan kata-katanya :
ALLOOHU AKBAR (Allah Maha Besar). (Muslim dan Ibnu Majah).
Kepada orang yang sholatnya belum benar, beliau s.a.w. bersabda :
Sesungguhnya tidaklah sempurna sholat salah seorang di antara
manusia, sehingga ia berwudhu' dengan menyempurnakan wudhu'nya, lalu berkata
(memulai sholatnya), ALLOOHU AKBAR. (Thobrani).
Mif-taahu'sh-sholaati'th-thuhuuru watah-riimuuha't-takbiiru
******** ************
watah-liiluha't-tas-liimu.
*********** *********
Kunci sholat adalah thoharoh (wudhu' atau tayamum bila terpaksa),
pembukanya adalah takbir dan penutupnya adalah salam. (Abu Dawud, Turmudzi
disahihkan Adz-Dzahabi).
***(lihat tanda bintang-bintang di atas: yang dimaksud dengan tahrim dan
tahlil adalah Al-Muharram dan Al-Muhallal.
Yakni larangan terhadap apa yang dilarang oleh Allah untuk mengerjakan
sesuatu pekerjaan; dan demikian pula dengan penghalalan, yakni menghalalkan
apa yang dihalalkan oleh Allah untuk melakukan pekerjaan (tentunya dalam
hal ini sehubungan dengan sholat).
Menurut Jumhur Ulama, hadiest ini menunjukkan bahwa pintu sholat itu
tertutup sehingga tidak bisa dibuka oleh seorang hamba selain dengan SUCI
(wudhu'/tayamum), maka iapun menunjukkan bahwa
masuk ke dalam kesuciannya itu tidak lain adalah dengan TAKBIR dan
keluar daripadanya (sholat) dengan SALAM.
TAKBIR DENGAN SUARA KERAS
Beliau s.a.w. mengeraskan suaranya dengan takbir sehingga
terdengar oleh orang-orang yang berada di belakangnya.
(Ahmad dan Hakim dan disahihkan oleh Adz-Dzahabi).
Apabila Rasulullooh s.a.w. sakit, maka Abu Bakar mengeraskan
suaranya untuk menyampaikan takbir Nabi s.a.w. kepada manusia. (Muslim dan
Nasa'i).
Kemudian beliau s.a.w. bersabda: apabila Imam mngucapkan
Alloohu Akbar, maka (makmum/di belakang Imam) ucapkanlah Alloohu Akbar.
(Ahmad dan Baihaqi).*Komite Tarbiyah
Senin, 16 April 2007
Sifat shalat Rasululah SAW (4)
Diposting Oleh Administrator Jam 13.11.00
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar