Oase
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh Selamat Datang Di Blog Seuntai Kenangan

Senin, 16 April 2007

Sifat shalat Rasululah SAW (16)

DOA-DOA DAN DZIKIR DALAM SUJUD

1. SUBHAANA ROBBIYAL-A'LAA 3x.
= Maha Sci Robbku Yang Maha Tinggi/Luhur 3x.
(Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, Daroquthni, Thohawi,
Bazzar dan Thobroni --->sahih). Kadangkala beliau s.a.w.
mengulangnya lebih dari pada itu. (lihat bab ruku').

2. SUBHAANA ROBBIYAL-A'LAA WABIHAMDIH 3x.
= Maha Sci Robbku Yang Maha Tinggi/Luhur dan aku memujiNYA. 3x
(Abu Dawud, Daruquthni, Ahmad, Thobroni dan Baihaqi).

3. Subbuuhung-qudduusur-Robbul-malaa-ikati warruuh.
=Maha Suci dan Pemberi Berkat, Tuhan Malaikat dan Ruh
(Muslim dan Abu 'Uwanah).

4. Sub-haanakalloohumma wabihamdika alloohummagh-firlii.
=Maha Suci Engkau ya Allah, dan Aku memujiMU, Ya Allah ampunilah aku.
Beliau s.a.w. banyak membaca dzikir dan do'a ini di dalam ruku'
dan sujudnya. Di sini, beliau menta'wilkan Al-Qur'an. (Bukhori dan Muslim).
Yang dimaksudkan dengan menta'wilkan Al-Qur'an dalam hadist ini adalah :
Maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu dan mohonlah ampun kepada-Nya.
Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat. (QS. 110:3)

5. Alloohumma-laka sajad-tu, wa bika aamang-tu, walaka aslamtu,
wa-ang-ta robbii, sajada waj-hii lilladzii kholaqohu
wa-show-warohu fa-ahsana shuwarohu, wasyaqqo sam'ahu
wabashoruhu fatabarokalloohu ahsanul-khooliqiin.
=Ya Allah, kepadaMU-lah aku bersujud,
kepadaMU aku beriman dan kepadaMU-lah aku menyerahkan diriku.
Dan Engkaulah Robbku. Wajahku bersujud kepada Dzat
yang telah menciptakan dan membentuknya, maka baikkanlah bentuknya;
dan Yang telah menjadikan diriku mendengar dan melihat.
Maka Maha Suci Allah sebaik-baiknya pencipta.
(Muslim, Abu 'Uwanah, Thohawi dan Daroquthni).

6. Alloohummagh-firlii dzambii kullahu wadiq-hu wajalluhu,
wa aw-waluhu wa-aakhiruhu, wa'alaa-niyatih.
=Ya Allah, ampunilah seluruh dosaku, yang sekecil-kecilnya
dan yang sebesar-besarnya, yang pertama dan yang terakhir,
yang terang-terangan dan yang tersembunyi. (Muslim dan Abu 'Uwanah).

7. Sajadalaka sawaadii wakhiyaalii, wa-aamana-bika fa-aadii,
abuu-u bini'matika 'alayya hadzii-yadayya wamaa janaita 'alaa nafsihii.
=Hitam wujudku dan khayalanku bersujud kepadaMU,
hatiku beriman kepadaMU, dengan ni'mat yang Engkau berikan kepadaku
aku kembali. Inilah tanganku menengadah kepadaMU,
memohon ampunan atas dosa yang aku lakukan.
(Ibnu Nashr, Bazzar dan Hakim --->sahih).

8. Sub-haanakal-loohumma Dzil-jabaruuti wal-malakuuti,
wal-kibri-yaa-i wal'azhomah. (Abu Dawud dan Nasa'i --->sahih).
=Maha Suci Engkau ya Allah, Dzat yang memiliki kekuasaan,
kerajaan, kebesaran dan keagungan.
Dzikir ini diucapkan oleh Rosulullooh s.a.w. pada waktu sholat lail (malam).

9. Sub-haanakal-loohumma wabihamdika, laa ilaaha illaa ang-ta.
=Maha Suci Engkau ya Allah, dan aku memujiMU.
Tidak ada Robb selain Engkau. (Muslim, Abu 'Uwanah, Nasa'i dan Nashr).

10. Alloohummagh-firlii maa as-rortu, wamaa a'lang-tu.
=Ya Allah, ampunilah aku dari apa-apa yang aku sembunyikan
dan yang aku nyatakan. (Ibnu Abi Syaibah dan Nasa'i --->sahih).

11. Alloohummaj'al fiiqolbii nuurow-wafii lisaanii nuurow-
waj'al fiisam'ii nuurow- waj'al fiibashorii nuurow-
waj'al ming-tahtii nuurow- waj'al ming-fawqii nuurow-
wa'ay-yamiinii nuurow- wa'ay-yasaarii nuurow-
waj'al amaamii nuurow-waj'al khol-fii nuurow-
waj'al fiinafsii nuurow- wa-a'zhimlii nuuroo.
=Ya Allah, berilah cahaya ke dalam hatiku,
dan cahaya kedalam lisanku, berilah cahaya kedalam pendengaranku,
berilah cahaya kedalam penglihatanku, berilah cahaya dari bawahku,
berilah cahaya dari atasku, cahaya dari samping kananku,
cahaya dari samping kiriku, dan , berilah cahaya dari depanku,
berilah cahaya dari belakangku, dan berilah cahaya kedalam jiwaku dan
perbanyaklah cahaya bagiku. (Muslim dan Abu 'Uwanah dan Ibnu Abi Syaibah).

12. Alloohumma innii a'uu-dzu biri-dhooka ming-sukh-tika
wa-a'uu-dzu bimu'aafaatika min'uquubatika
wa-a'uu-dzu bika ming-ka laa-uhshii-tsanaa-an'alaika
ang-ta kamaa ats-naita 'alaa nafsik.
=Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan ridhoMU
dari kemurkaanMU, dan aku berlindung dengan perlindunganMU
dari siksaMU, dan aku berlindung denganMU dariMU.
Aku tidak menghitung-hitung pujian kepadaMU,
Engkau sebagaimana yang Engkau pujikan kepadaMU.
(Muslim dan Abu 'Uwanah dan Ibnu Abi Syaibah).


Diriwayatkan bahwa :
ROSULULLOOH S.A.W. menjadikan RUKU'NYA dan
BANGKITNYA DARI RUKU', SUJUDNYA
dan DUDUK DI ANTARA DUA SUJUD hampir sama lamanya.
(Bukhori dan Muslim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar